Minggu, 19 09 2021 Perhatian : Pengambilan berita kabarriau.net harus mencantumkan kabarriau, boleh krN, atau kami akan menuntut sesuai UU No.12 Thn 1997 tentang Hak Cipta
 
Sarinah GMNI Pekanbaru Peringati HARKITNAS Di Lapas Anak & Perempuan
Senin, 21 Mei 2012 - 20:59:55 WIB

Kabar Riau - Pendidikan
Fhoto Bersama Dengan Warga Binaan Lapas, Dokter, Ka.LAPAS & Kader GMNI Pekanbaru
TERKAIT:

Pekanbaru
Setelah 104 tahun semangat Kebangkitan Nasional digelorakan, Indonesia sebagai bangsa dan negara yang mana masih harus mengejar cita-cita pendiri bangsa yang dirumuskan pada tujuan Pembangunan Nasional, yaitu masyarakat yang makmur dan sejahtera secara adil dan merata.
Sampai saat ini Indonesia masih harus meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat terkhususnya mutu pendidikan, kesehatan dan tingkat ekonomi masyarakat.

Pemberdayaan kaum perempuan adalah salah satu upaya untuk memajukan kesejahteraan bangsa karena kaum perempuan merupakan modal sosial yang potensial bagi kelangsungan pembangunan bangsa.

Peran perempuan Indonesia dalam sejarah pembangunan bangsa sangatlah panjang, dengan tokoh utama RA.Kartini yang berjuang menuntut hak kaum perempuan dan melepaskan diri dari belenggu perlakuan diskriminatif terhadap perempuan. Di era sekarang ini peran perempuan juga tidak kalah pentingnya, baik dibidang sosial, politik dan ekonomi.

Namun disisi lain, pada faktanya tidak sedikit juga perempuan Indonesia yang menjalani hukuman di lembaga permasyarakatan (Lapas). Hal ini dapat terlihat dari banyaknya terpidana perempuan Indonesia yang mengisi Lapas. Untuk Lapas Pekanbaru saja terdapat 169 orang. Terdiri dari 99 perempuan dan 70 orang anak laki-laki.

Menariknya lagi, ada kecenderungan keterlibatan perempuan pada penggunaan dan perederan narkoba yang dapat merusak kesehatan bangsa itu sendiri.
Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional setiap tanggal 20 MEI, para Sarinah GMNI Pekanbaru mengadakan Kegiatan Sosial yang bertempat di Lembaga Permasyarakatan Anak dan Perempuan Pekanbaru (21/05). Sekaligus memperingati Hari Kesehatan.

GMNI Pekanbaru bekerjasama dengan pihak Lapas Anak dan Perempuan Kelas IIB dan Kepolisisian Daerah Riau mengadakan Sosialisasi tentang PERAN PEREMPUAN INDONESIA DALAM MENGISI PEMBANGUNAN.
Adapun Tema acara ini adalah Kebangkitan Perempuan Indonesia Menuju Indonesia Lebih Sehat.

Acara ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari naripadana perempuan dan anak, kader GMNI Pekanbaru serta pihak Lapas dan BNN Pekanbaru. Sebagai nara sumber AKBP Ibrahim Ismail SH.,M.Si Direktur Reserse Narkoba Polda Riau dan Neri Widya Ramailis, Sarinah GMNI Pekanbaru.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dan kepekaan Sarinah GMNI Pekanbaru dalam ikut berperan dalam menyelamatkan generasi penerus bangsa. Sekalipun perempuan yang berada di Lapas harus menjalani hukuman. Tentunya sebagai negara hukum, para terpidana ini harus mendapatkan perlindungan sebagaimana hak-hak asasinya. Begitu juga para naripada perlu mendapatkan pembinaan dan harus diayomi baik dari pemerintah maupun masyarakat.(rls/Rishki)

(2004) Dibaca

 
Komentar Anda :
 




 
Redaksi | Index Berita | RSS | E-mail | Index Iklan Copyright © 2010-2018 by KabarRiau.net. All Rights Reserved