Minggu, 11 April 2021 Perhatian : Pengambilan berita kabarriau.net harus mencantumkan kabarriau, boleh krN, atau kami akan menuntut sesuai UU No.12 Thn 1997 tentang Hak Cipta
 
Pemkab Batubara tidak ikut ambil bagian di perayaan Pesta Tapai.
PESTA TAPAI BUDAYA BATUBARA MENJELANG RAMADHAN
Minggu, 21 Maret 2021 - 11:53:24 WIB

kabarriau.net - Nasional

Sumatera Utara

Masyarakat kabupaten Batubara tepatkan kawasan Pesisir desa Mesjid Lama, dan desa Dahari kecamatan Talawi menjelang bulan Ramadhan melaksanakan kegiatan Pesta Tapai. Pada tahun ini Pesta Tapai telah dibuka, Sabtu malam 20/03 tanpa acara peresmian seperti beberapa tahun belakangan ini.

Pesta tapai yang digelar masyarakat setempat telah berlangsung seratusan tahun ini untuk menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan. Acara pesta akan diakhiri pada saat hari Punggahan Pemotongan Lembu di kawasan itu.

Setelah berdirinya kabupaten Batubara, pembukaan acara Pesta Tapai ini dilakukan oleh Pemkab Batubara, tetapi tahun ini Pemkab Batubara tidak ikut serta. Kegiatan ini tanpa ada kegiatan pembukaan pesta tapai secara serimonial dari Pemkab Batubara.

Masyarakat setempat menggelar dagangannya berupa Tapai dan Lemang sepanjang jalan protokol simpang Sianam menuju Tanjung Tiram.

Menurut Abdul Mannan, 40 salah seorang pedagang tapai, Minggu 21/03 diacara kegiatan Pesta Tapai ini telah terbentuk ratusan tahun digelar atas prakarsa masyarakat setempat tanpa campur tangan pemerintah. Baru beberapa tahun belakangan ini saja Pemkab Batubara turut andil. Tapi tahun ini Pemkab tidak ikut ambil bagian mungkin karena Covid-19 " ujarnya.

Pada acara malam pertama Pesta Tapai tahun ini puluhan pedagang Tapai, Lemang dan pedagang lainnya memadati pinggiran jalan sepanjang tiga kilometer. Masyarakat tempatan dan luar daerah menikmati Tapai dan Lemang yang dijual sepanjang jalan itu.***krN-Effendi Tanjung
(121) Dibaca

 
Komentar Anda :
 


 
Redaksi | Index Berita | RSS | E-mail | Index Iklan Copyright © 2010-2018 by KabarRiau.net. All Rights Reserved